Thursday 2 March 2017

Bisnis Online dengan Blog (2)Setelah sekian lama mencoba meluangkan waktu, akhirnya kesampaian juga menulis tahap kedua membuat blog untuk bisnis online. Pada tahap ini saya akan memperkenalkan salah satu plugins dalam blog wordpress yang biasa digunakan untuk e-commerce. Anda bisa mendapatkan plugins itu disini.

Setelah Anda berhasil mengunduh file plugins tersebut, berikut langkah-langkah Contoh Peluang Usaha yang Menjanjikan  menginstall plugins hingga dapat Anda gunakan. Pertama, pada halaman Dashboard Wordpress piih menu utama Plugins, kemudian pilih Add New. Selanjutnya, pilih sub menu Upload sehingga muncul halaman upload seperti terlihat pada gambar dibawah ini. Anda dapat mengklik tombol Browse untuk meng-upload file plugins e-commerce yang telah Anda unduh alias donlot.

Berikut langkah-langkah sederhananya :


1. Klik Menu Plugins


2. Klik Add New


3. Klik sub menu untuk plugins – Upload


4. Klik tombol Browse


5. Pilih file plugins yang sudah anda unduh


6. Klik Install Now


7. Selesai


Kalau benar contoh usaha yang menjanjikan akan muncul satu menu utama di list menu Anda. Untuk contoh plugins e-commerce pada website ini menu utama yang dibuat oleh plugins tersebut adalah menu Products.

Menu Products ini akan menampilkan halaman untuk mengatur daftar produk yang hendak Anda jual. Termasuk diantaranya mengatur bentuk tampilan keranjang belanja pelanggan Anda (Cart), mengatur pajak dan ongkos kirim, dan juga mengatur tampilan email konfirmasi yang dikirim ke pelanggan Anda. Untuk ukuran web e-commerce sederhana, plugins ini sudah cukup mumpuni dan memiliki banyak fitur e-commerce. Bahkan Anda dapat mengarahkan pembayaran atas pembelian produk Anda melalui Paypal dan Google Checkout. Menarik bukan?

Nah berikut ini hasil tampilan produk yang hendak Anda jual di halaman penjualan Anda:

Daftar belanjaan (cart) dari pelanggan dapat Anda atur agar muncul sebagai widgets di halaman blog wordpress Anda. Seperti yang nampak pada gambar diatas, daftar belanjaan pelanggan langsung tertulis berserta perkiraan harga sebelum pajak dan ongkos kirim. Tersedia pula link untuk checkout, sehingga memudahkan pelanggan untuk mengakhiri belanja dan melakukan pembayaran. Halaman checkout akan nampak seperti gambar dibawah ini:

Terakhir, setelah Anda melihat Bisnis Menjanjikan, mencoba, dan merasakan plugins ini, siapkah Anda memulai bisnis online Anda meski baru setapak langkah? Mulailah dari sekarang! Namun perjalanan bisnis online Anda masih jauh… Terus ikuti update posting saya di website www.ayobisnisonline.com. Selamat mencoba dan salam sukses!

No comments:

Post a Comment